RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan
Kelas/Smester : VII/I ( satu )
Materi Pokok : Sejarah Perumusan dan Penetapan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan ( 40 Menit )
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan
Kelas/Smester : VII/I ( satu )
Materi Pokok : Sejarah Perumusan dan Penetapan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan ( 40 Menit )
A. Kompotensi
Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agamayang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
orang, beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam, dalam jangkaun
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual,
dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, Mengelolah, dan Menyajikan dalam
ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat )
dan ranah absrak
( menulis, membaca, menghitung, mengambar, dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
( menulis, membaca, menghitung, mengambar, dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapain Kompetensi
No
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Indikator
Pencapaian Kompotensi
|
|
1
|
1.1.
Menghargai perilaku beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berahklak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat. |
|
|
2
|
2.2. Menghargai
semangat dan komit
men kebangsaan seperti yang di tunjukan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. |
|
|
3
|
3.3. Memahami
sejarah perumusan dan
pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
3.2.1.
Menjelaskan materi yang di
bahas sidang pertama BPUPKI.
3.2.2.
Menjelaskan pembentukan
keanggotaan, tugas panitia sembilan. |
|
|
|
3.2.3.
Menjelaskan hasil sidang panitia
sembilan tanggal, 22 Juni 1945.
3.2.4. Menjelaskan proses sidang kedua
BPUPKI.
3.2.5. Menjelaskan perbedaan isi
mukadimah piagam jakarta dengan isi pembukaan UUD 1945
3.2.6. Menjelaskan alasan
di bubarkan
nya BPUPKI.
3.2.7. Menyebutkan
hasil sidang pertama
PPKI 18 Agustus 1945.
3.2.8. Menjelaskan arti penting UUD 1945
bagi bangsa negara dan mengesahkan UUD 1945. |
|
|
4.2.
Menyaji hasil telah tentang
sejarah dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. |
4.2.1.
Menyusun tulisan singkat tentang
proses sidang PPKI samapai di tetapkannya UUD 1945.
4.2.2. Mempresentasikan Tulisan
Sinkat
tentang semangat para pendiri negara dalam mengesahkan UUD 1945. |
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
I
Setelah selesai pembelajaran peserta didik
dapat :
1.
Menjelaskan
materi yang dibahas dalam sidang pertama BPUPKI.
2.
Menjelaskan
tugas panitia sembilan.
3.
Menyebutkan
anggota panitia sembilan.
4.
Menjelaskan
hasil sidang panitia sembilan tanggal 22 Juni 1945.
Pertemuan II
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :
1. Menjelaskan proses sidang kedua BPUPKI.
2. Menjelaskan perbedaan isi mukadimah piagam Jakarta dengan isi
pembukaan UUD 1945.
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :
1. Menjelaskan proses sidang kedua BPUPKI.
2. Menjelaskan perbedaan isi mukadimah piagam Jakarta dengan isi
pembukaan UUD 1945.
Pertemuan III
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :
1. Menjelaskan alasan dibubarkan BPUPKI dan di bentuknya PPKI.
2. Menyebutkan hasil sidang pertama PPKI
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :
1. Menjelaskan alasan dibubarkan BPUPKI dan di bentuknya PPKI.
2. Menyebutkan hasil sidang pertama PPKI
Pertemuan IV
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :
1. Menjelaskan arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan negara indonesia.
2. Menjelaskan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan
mengesahkan UUD 1945.
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :
1. Menjelaskan arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan negara indonesia.
2. Menjelaskan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan
mengesahkan UUD 1945.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan I
1.
Materi
sidang pertama BPUPKI.
2.
Tugas
panitia sembilan.
3.
Anggota
panitia sembilan.
4.
Hasil
sidang panitia sembilan.
Pertemuan II
1. Poses sidang kedua BPUPKI.
2. Perbedaan isi mukadimah piagam JAKARTA dengan isi pembukaan
UUD 1935.
1. Poses sidang kedua BPUPKI.
2. Perbedaan isi mukadimah piagam JAKARTA dengan isi pembukaan
UUD 1935.
Pertemuan III
1. Alasan di bubarkan BPUPKI.
2. Hasil sidang pertama PPKI.
1. Alasan di bubarkan BPUPKI.
2. Hasil sidang pertama PPKI.
Pertemuan IV
1. Arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan negara indonesia.
2. Semangat para pendiri dalam merumuskan dan mengesahkan UUD 1945
1. Arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan negara indonesia.
2. Semangat para pendiri dalam merumuskan dan mengesahkan UUD 1945
E.
Metode
Pembelajaran
Metode : Saintifik, PBL ( Problem
Based Learning ).
F.
Sumber
Belajar.
1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan
republik indonesia tahun 2013.
Pancasila dan Kewarganegaraan.
Pancasila dan Kewarganegaraan.
2. Buku referensi lain.
G.
Media
Pembelajaran.
1. Gambar anggota BPUPKI.
2. Gambar anggota panitia sembilan.
3. Alat dan bahan
-
LCD
Projektor
H.
Langkah
– langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan I
1. Pendahuluan (15 Menit )
a.
Guru
mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan kebersihan kelas, berdoa,
absensi.
b.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menunjukan gambar sidang BPUPKI kemudian
menanyakan gambar tersebut kepada peserta didik.
c.
Guru
memberi informasi tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti ( 90 )
Mengamati.
- Peserta didik mengamati gambar sidang BPUPKI.
-
Peserta
didik mengamati gambar tokoh panitia sembilan.
Menanya.
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang materi yang dibahas
dalam sidang pertama BPUPKI.
- Paserta didik mengajukan pertanyaan tugas, keanggotaan panita
sembilan.
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang materi yang dibahas
dalam sidang pertama BPUPKI.
- Paserta didik mengajukan pertanyaan tugas, keanggotaan panita
sembilan.
Mengumpulkan Data.
- Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
5 orang untuk mengkaji dokumen dan mencari data dari berbagai
sumber serta mendiskusikan tentang :
1. Materi yang dibahas dalam sidang pertama BPUPKI.
2. Tugas dan keanggotaan panitia sembilan.
3. Hasil sidang panitia sembilan.
- Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
5 orang untuk mengkaji dokumen dan mencari data dari berbagai
sumber serta mendiskusikan tentang :
1. Materi yang dibahas dalam sidang pertama BPUPKI.
2. Tugas dan keanggotaan panitia sembilan.
3. Hasil sidang panitia sembilan.
Mengasosiasi.
- Mendiskusikan tentang materi sidang pertama BPUPKI.
- Mendiskusikan tentang hasil sidang panitia sembilan.
- Menyimpulkan materi sidang pertama BPUPKI dan hasil sidang
panitia sembilan.
- Mendiskusikan tentang materi sidang pertama BPUPKI.
- Mendiskusikan tentang hasil sidang panitia sembilan.
- Menyimpulkan materi sidang pertama BPUPKI dan hasil sidang
panitia sembilan.
Mengomunikasikan.
- Peserta didik memprosentasikan berbagai tugas individu dan
kelompok materi sidang pertama BPUPKI dan hasil sidang panitia
sembilan.
- Peserta didik memprosentasikan berbagai tugas individu dan
kelompok materi sidang pertama BPUPKI dan hasil sidang panitia
sembilan.
Penutup.
- Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan pembahasan
Hasil s idang panitia sembilan
- Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan
pertanyaan tentang hasil sidang panitia sembilan.
- Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
tentang proses sidang kedua BPUPKI.
- Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan pembahasan
Hasil s idang panitia sembilan
- Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan
pertanyaan tentang hasil sidang panitia sembilan.
- Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
tentang proses sidang kedua BPUPKI.
Pertemuan II
1.
Pendahuluan
( 15 )
a. Guru mempersiapkan peserta didik dalam
pembelajaran dengan kebersihan kelas, berdoa, absensi.
b. Guru memotivasi peserta didik dengan
menunjukan gambar sidang BPUPKAI yang ke – II, kemudian menanyakan gambar
tersebut kepada peserta didik.
c.
Guru
memberikan informasi tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
Mengamati.
- Peserta mengamati gambar sidang BPUPKI Ke-II
- Peserta mengamati gambar sidang BPUPKI Ke-II
Menanya
- Perserta didik menguakan pertanyaan tentang Prose sidang kedua
BPUPKI.
- Perserta didik menguakan pertanyaan tentang Prose sidang kedua
BPUPKI.
Mengumpulkan Data.
- Perserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
5 orang untuk mengkaji dokumen dan mencari data dari berbagai
sumber serta mendiskusikan tentang :
- Perserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
5 orang untuk mengkaji dokumen dan mencari data dari berbagai
sumber serta mendiskusikan tentang :
a. Perbedaan isi mukadimah piagam Jakarta dengan
isi pembukaan UUD 1945
b.
Proses
sidang BPUPKI.
Mengasosiasi.
- Mendiskusikan tentang proses sidang kedua BPUPKI.
- Mendiskusikan tentang perbedaan isi mukadimah piagam Jakarta
dengan isi pembukaan UUD 1945.
- Menyimpulkan proses sidang kedua BPUPKI dan perbedaan isi
mukadimah piagam Jakarta dengan isi pembukaan UUD 1945.
- Mendiskusikan tentang proses sidang kedua BPUPKI.
- Mendiskusikan tentang perbedaan isi mukadimah piagam Jakarta
dengan isi pembukaan UUD 1945.
- Menyimpulkan proses sidang kedua BPUPKI dan perbedaan isi
mukadimah piagam Jakarta dengan isi pembukaan UUD 1945.
Mengomunikasikan.
- Perserta didik mempresentasikan tentang proses sidang kedua
BPUPKI dan pembedaan isi mukadimah piagam dengan isi
pembukaan UUD 1945.
- Perserta didik mempresentasikan tentang proses sidang kedua
BPUPKI dan pembedaan isi mukadimah piagam dengan isi
pembukaan UUD 1945.
Penutup.
- Peserta didik dengan bimbingan guru menympulkan tentang proses
sidang kedua BPUPKI dan perbedaan isi mukadimah piagam
Jakarta dengan isi pembukaan UUD 1945.
- Peserta didik memberika umpan balik dengan mengajukan
pertanyaan tentang proses di sidang kedua BPUPKI 1945.
- Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
tentang hasil sidang PPKI.
- Peserta didik dengan bimbingan guru menympulkan tentang proses
sidang kedua BPUPKI dan perbedaan isi mukadimah piagam
Jakarta dengan isi pembukaan UUD 1945.
- Peserta didik memberika umpan balik dengan mengajukan
pertanyaan tentang proses di sidang kedua BPUPKI 1945.
- Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
tentang hasil sidang PPKI.
Pertemuan III
1.
Pendahuluan
( 15 menit )
a.
Guru
mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan kersihan kelas, berdoa,
absensi.
b.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menunjukan gambar sidang PPKI,
Kemudian menanyakan
gambar tersebut kepda peserta didik.
c.
Guru
memberikan informasi tentang kompetensi dan tuhuan pembelajaran yang akan di
capai.
2.
Kegiatan
Inti ( 90 menit )
Mengamati.
- Peserta didik mengamati gambar siang pertama PPKI
- Peserta didik mengamati gambar siang pertama PPKI
Menanya.
- Peserta didik mengajuakan pertanyaan tentang sidang pertama
- Peserta didik mengajuakan pertanyaan tentang sidang pertama
Mengumpulkan Data.
- Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
5 orang untuk mengkaji dokumen dan mencari data dari berbagai
sumber serta mendiskusikan tentang :
- Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
5 orang untuk mengkaji dokumen dan mencari data dari berbagai
sumber serta mendiskusikan tentang :
1.
Alasan
dibubarkan BPUPKI dan dibentuknya PPKI.
2.
Hasil
sidang pertama.
Mengasosiasi.
- Mendiskusikan tentang sidang pertama PPKI
- Menyimpulkan hasil sidang pertama PPKI.
- Mendiskusikan tentang sidang pertama PPKI
- Menyimpulkan hasil sidang pertama PPKI.
Mengomunikasikan.
- Peserta didik mempresentasikan tentang hasil sidang pertama PPKI.
- Peserta didik mempresentasikan tentang hasil sidang pertama PPKI.
Penutup.
- Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan tentang alasan
dibubarkan BPUPKI dan dibentuknya PPKI
- Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan
pertanyaan alsan dibubarkan BPUPKI dan hasil sidang pertama
PPKI.
- Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
tentang arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan negara Indonesia.
- Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan tentang alasan
dibubarkan BPUPKI dan dibentuknya PPKI
- Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan
pertanyaan alsan dibubarkan BPUPKI dan hasil sidang pertama
PPKI.
- Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
tentang arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan negara Indonesia.
Pertemuan IV
1. Pendahuluan ( 15 menit )
a. Guru mempersiapkan perserta didik dalam pembelajaran dengan
kebersihan kelas, berdoa, absensi.
b. Guru memotivasi peserta didik dengan mengungkapkan semboyan
“bersaatu kita teguh bercerai kita runtuh”.
c. Guru memberikan informasi tentang kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
1. Pendahuluan ( 15 menit )
a. Guru mempersiapkan perserta didik dalam pembelajaran dengan
kebersihan kelas, berdoa, absensi.
b. Guru memotivasi peserta didik dengan mengungkapkan semboyan
“bersaatu kita teguh bercerai kita runtuh”.
c. Guru memberikan informasi tentang kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti ( 90 )
Mengamati.
- Peserta didik mengamati gambar sidang PPKI.
Menanya.
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang arti penting UUD
1945 bagi bansa dan negara indonesia.
- Perserta didik mengajukan pertanyaan tentang semangat para
pendiri negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD 1945.
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang arti penting UUD
1945 bagi bansa dan negara indonesia.
- Perserta didik mengajukan pertanyaan tentang semangat para
pendiri negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD 1945.
Mengumpulkan Data.
- Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
5 orang untuk mengkaji dokumen dan mencari data dari berbagai
sumber serta mendiskusikan tentang :
Semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan
mengesahkan UUD 1945.
- Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
5 orang untuk mengkaji dokumen dan mencari data dari berbagai
sumber serta mendiskusikan tentang :
Semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan
mengesahkan UUD 1945.
Mengasosiasi.
- Mendeskusikan tentang arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan
negara indonesia.
- Mendeskusikan tentang semangat para pendiri negara dalam
merumuskan dan mengesahkan UUD 1945.
- Menyinpulkan arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan negara
Indonesia dan semangat para pendiri negara dalam merumuskan
dan mengesahkan UUD 1945.
- Mendeskusikan tentang arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan
negara indonesia.
- Mendeskusikan tentang semangat para pendiri negara dalam
merumuskan dan mengesahkan UUD 1945.
- Menyinpulkan arti penting UUD 1945 bagi bangsa dan negara
Indonesia dan semangat para pendiri negara dalam merumuskan
dan mengesahkan UUD 1945.
Mengomunikasikan
- Peserta didik mempresentasikan tentang arti penting UUD 1945
bagi bangsa dan negara indonesia dan semangat para pendiri
negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUUD 1945.
- Peserta didik mempresentasikan tentang arti penting UUD 1945
bagi bangsa dan negara indonesia dan semangat para pendiri
negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUUD 1945.
Penutup.
-
Peserta
didik dengan bimbingan guru menyipulkan tentang arti
penting UUD 1945 bangi bangsa dan negara indonesia dan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD 1945.
penting UUD 1945 bangi bangsa dan negara indonesia dan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD 1945.
-
Peserta
didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan arti penting UUD 1945
bagi bansa dan negara indonesia dan semangat para pendiri negara dalam meruskan
dan mengesahkan UUD 1945.
-
Guru
menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang tentang hubungan pembukaan
UUD dengan Proklamasi Kemerdekaan.
WAHAI KAWAN -KAWAN KASIH KOMENTARLAH RPP SAYA...
BalasHapusyaaa. trims atas rpp 13 nya...
HapusMaaf Bu', apakah RPP yang ada cuma dalam alokasi waktu yang 40 menit ini (1 x pertemuan). ? bagaimana yang satu semesternya
BalasHapusTerima kasih..
Terima kasih banyak mbak. bermanfaat banget. sukses selalu ya mbak.
BalasHapuskalau bisa lebih lengkap lagi ibu guru, tdk cuma satu.
BalasHapusbu terimakasih . tapi lebih baiknya buat yang kurikulum 13tapi RPP versi terbaru
BalasHapusbu terimakasih . tapi lebih baiknya buat yang kurikulum 13tapi RPP versi terbaru
BalasHapusMANTAP
BalasHapusMantap 3kali
BalasHapus